Sabtu, 19 Oktober 2013

Etika Profesi Dosen



ETIKA PROFESI DOSEN

Dosen merupakan profesi yang penting untuk menunjang kelangsungan kegiatan belajar-mengajar untuk jenjang pendidikan. Dosen memiliki peranan penting dalam mengantarkan dan memberikan materi perkuliahan kepada peserta didik. Prestasi mahasiswa sebagai peserta didik sering dinilai berasal murni dari kegiata dan pengetahuan mahasiswa, tetapi komunikasi baik yang terjalin antara dosen dengan mahasiswa tidak bisa diabaikan. 


            Contohnya saja seperti  dalam kegiatan belajar-mengajar, sering sekali interaksi hanya satu arah. Dosen hanya memberikan informasi dan pengetahuan terkait mata kuliah dan mahasiswa merasa enggan untuk bertanya, karena alasan sudah mengerti atau pura-pura mengerti agar kegiatan perkuliahan cepat selesai. Studi penelitian pernah mengemukakan jika mahasiswa ingin bertanya menggali ilmu dan wawasan terkait mata kuliah yang disampaikan dosen, maka ilmu akan lebih terserap karena interaksi sudah dua arah dan materi lebih dipahami, pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan akan lebih diingat.
Di Universitas Gunadarma etika profesi sebagai dosen Gunadarma cukup jelas dijabarkan pada “Pedoman Tata Krama Dosen”. Dalam pedoman tersebut dijelaskan persyaratan yang harus dimiliki untuk menjadi seorang dosen. Tentunya ini sebagai standard umum untuk berprofesi sebagai dosen Gunadarma, sehingga jelas dosen Gunadarma secara kepribadian dan akademik telah terjamin.
Pedoman tersebut berisikan banyak hal tentang etika profesi sebagai dosen :
1.      Etika dalam berpakaian
2.      Etika dalam memenuhi komitmen waktu
3.  Etika dalam pelaksanaan tugas pengajaran, penelitian dan pengapdian masyarakat Dosen Universitas Gunadarma.

Tak hanya berisi tentang tata krama saja, dalam pedoman tersebut juga berisikan tentang penghargaan yang diterima oleh dosen berprestasi yang dapat berupa piagam, lencana, uang, benda atau kenaikan pangkat istimewa. 


Universitas Gunadarma (UG) pada tanggal 21 – 24 Juli 2009 lalu,  menyelenggarakan UG Fiesta 2009 dan UG ICT Award 2009. UG ICT Award 2009 memberikan penghargaan  kepada mahasiswa dan dosen UG  (internal). Bagi dosen penghargaan diberikan  untuk kategori  Staffsite terbaik dan Blog Dosen terbaik. Sedangkan bagi mahasiswa, penghargaan diberikan untuk kategori;  Photography Digital, Blog Mahasiswa, Studentsite Teraktif,  Menulis artikel di blog community,  Creative Design,  dan Top Blogger perminggu.
Sehingga jelas sekali bahwa etika profesi dosen di gunadarma sudah cukup jelas dijabarkan sampai kepada penghargaan yang diberikan. Namun pelaksanaan di kelas, masing-masing pribadi memiliki kekuatan dan kelemahan karakter masing-masing dan cara mengajar yang berbeda. sehingga perlu sikap dewasa dan objektif untuk menyikapinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar